Membuat Sub Domain Untuk Feeder Linux

ByYusuf Ayuba

Membuat Sub Domain Untuk Feeder Linux

Sebelum melangkah lebih lanjut, pastikan anda telah memiliki referensi dari nama dari subdomain yang ingin digunakan dan juga mengetahui dengan baik IP publik dari server yang dimiliki. Dalam artikel ini saya akan mencontohkan membuat subdomain feeder.akper-luwuk.ac.id dengan IP server adalah 117.53.47.39, silahkan disesuaikan dengan subdomain dan IP masing-masing.

Artikel ini diperuntukkan bagi operator yang mengerti dasar-dasar konfigurasi server Linux

Editor yang digunakan dalam konfigurasi file-file Linux adalah nano. Silahkan disesuaikan dengan editor favorite masing-masing

Langkah-langkah konfigurasi:

1. Pastikan Feeder Linux telah terinstall dengan baik dan benar. Jika belum, silahkan kembali ke artikel Install Feeder Linux di VPS ini.

2. Edit file hosts dengan perintah nano /etc/hosts. Tambahkan baris berikut (sesuaikan IP dan subdomain masing-masing)

117.53.47.39 feeder.akper-luwuk.ac.id

3. Edit file 000-default.conf dengan perintah nano /etc/apache2/sites-enabled/000-default.conf. Lengkapi isinya menjadi seperti dibawah ini (silahkan ganti ServerName sesuai dengan subdomain masing-masing dan ServerAdmin dengan alamat email masing-masing operator)

<VirtualHost *:8082>
	ServerName feeder.akper-luwuk.ac.id
	ServerAdmin yusuf@dutainformasi.net
	DocumentRoot /var/www/html
        <IfModule mod_setenvif.c>
            SetEnvIf X-Forwarded-Proto "^https$" HTTPS=on
        </IfModule>
        <Directory /var/www/html>
             Options -Indexes +FollowSymLinks +MultiViews
             AllowOverride All
             Require all granted
        </Directory>

	ErrorLog ${APACHE_LOG_DIR}/feeder-error.log
	CustomLog ${APACHE_LOG_DIR}/feeder-access.log combined
</VirtualHost>

4. Setelah melakukan perubahan diatas, silahkan restart service apache dengan perintah service apache2 restart

5. Langkah selanjutnya adalah menambahkan record baru di DNS. Jika anda menggunakan DNS Server terpisah, maka lakukan pengeditan di DNS server tersebut. Jika menggunakan hosting dengan CPanel, maka lakukan pengeditan DNS melalui CPanel tersebut. Record yang ditambahkan bisa berupa record A ataupun record CNAME tergantung dari tipe IP yang dimiliki beserta kondisinya. Record A dikhususkan jika IP server kita miliki berupa IP publik statis dan belum didaftarkan direcord lain, jika sudah didaftarkan direcord lain, maka gunakan record jenis CNAME. Jika IP server kita adalah IP publik dinamis, maka sangat disarankan untuk menggunakan DDNS (Dynamic DNS). DDNS yang dimiliki ini nantinya akan ditambahkan dalam record DNS berjenis CNAME. Dalam contoh ini server saya menggunakan IP publik statis dan belum didaftarkan direcord lain, maka record yang saya tambahkan adalah record A

DNS record A
DNS record A

Perubahan atau penambahan record baru pada DNS biasanya membutuhkan waktu paling lama 1×24 jam agar record tersebut resolve.

Dengan konfigurasi sederhana diatas, kini Feeder Linux anda bisa diakses menggunakan subdomain yang telah dibuat disertai port feeder. Sekian tutorial singkat ini, semoga bermanfaat.

Selamat mencoba (*)

About the author

Yusuf Ayuba administrator

Leave a Reply

%d bloggers like this: