Introduction: How to Import Data From PDDIKTI Feeder to Moodle?

ByYusuf Ayuba

Introduction: How to Import Data From PDDIKTI Feeder to Moodle?

Dimasa pandemi Covid-19 saat ini, perubahan yang sangat kita rasakan dalam dunia pendidikan adalah peralihan metode perkuliahan dari Tatap Muka di dalam kelas (Luring) ke metode Online (Daring).

Artikel ini adalah artikel pertama dari beberapa seri artikel kedepan tentang bangaimana mengirim data dari Feeder ke Moodle

Mungkin karena hal ini pula yang membuat saya beberapa kali mendapatkan pertanyaan dari teman-teman operator PDDIKTI Feeder tentang bagaimana cara meng-import data-data yang ada di Feeder (khususnya Kelas Perkuliahan) menjadi sebuah Course di Moodle.

Dari pertanyaan tersebut, saya dapat menjawabnya adalah untuk melakukannya setidaknya terdapat dua cara yang paling mudah dan low risk yaitu menggunakan Webservice dan Data Manpulation API (DML).

Seperti pada PDDIKTI Feeder, di Moodle pun tersedia fitur Webservice yang dapat digunakan sebagai “jembatan” komunikasi antara aplikasi external dengan Moodle. Webservice moodle sendiri support protokol SOAP, REST dan XML-RPC.

Berikut beberapa function Webservice yang dapat digunakan adalah core_course_create_categories untuk membuat kategori course baru, core_course_create_courses untuk membuat course baru, core_user_create_users untuk membuat user baru, dan lain sebagainya..

Berbeda dengan Webserive, Data Manipulation API (DML) merupakan salah satu Core API Moodle yang dapat dikatakan sebagai sebuah Query Builder seperti yang terdapat pada PHP Framework modern. Dengan DML kita dapat melakukan aksi-aksi Create, Update, Delete dan Read (CRUD) pada database Moodle dengan tanpa harus takut merusak database Moodle.

Beberapa contoh DML yang dapat digunakan untuk manipulasi database Moodle adalah $DB->get_records($tableName, array $conditions=null, $sort='', $fields='*', $limitfrom=0, $limitnum=0) digunakan untuk mengambil (list) data yang ada disebuah tabel, $DB->count_records($table, array $conditions=null) digunakan untuk menghitung jumlah data dari sebuah table, $DB->delete_records($table, array $conditions=null) digunakan untuk menghapus data dari sebuah table, $DB->insert_record($table, $dataobject, $returnid=true, $bulk=false) digunakan untuk menambahkan data baru disebuah table, dan lain sebagainya.

Dengan mengetahui dua metode diatas (Webservice dan DML), tentunya kita akan lebih membuat sebuah aplikasi importir data dari PDDIKTI Feeder dengan Moodle.

Demikian artikel pendahulu ini, sampai bertemu diartikel berikutnya. (*)

About the author

Yusuf Ayuba administrator

Leave a Reply

%d bloggers like this: